Pentingnya Kejujuran saat Ulangan

May312013
Assalamu'alaikum wr.wb,

Selamat siang semuanya, gimana nih kabarnya, moga baik n sehat aja yah ?
Ok. . .belum pada pulang sekolah nih, atau pada libur ?
Kalo admin mah pulang lebih awal, karena cuma bersih-bersih buat persiapan UKK besok pagi / Sabtu, 1 Juni 2013 tingkat SMA dan sederajat.

Jadi intinya gini, admin mau fokus dulu sama materi buat UKK. Karena bagiku belajar lebih penting daripada ngeblog ! Tapi bukan berarti ngeblog itu gak penting, bagiku semuanya penting dan berguna !
Apa gunanya ngeblog ? Tentu saja bagiku banyak, misalnya bisa menampilkan ide-ide kita supaya publik tahu, menyalurkan hobi menulis, belajar dari orang lain di blog, dsb.

Pada kesempatan kali ini, yakni 1 hari sebelum mengerjakan UKK akan saya menuliskan artikel tentang kejujuran dalam mengerjakan ulangan !
Karena bagiku kejujuran sangatlah penting, dan bagiku jujur itu mujur bukan ajur !
Apakah sobat setuju, kalo setuju yuk simak artikel berikut.

Pentingnya Kejujuran dalam Ulangan - Mengapa saya tuliskan artikel tentang kejujuran dalam ulangan ? Sebab sekarang ini sudah jarang yang mengerjakan ulangan murni dengan kejujuran. Bukti nyata begini, saat mengerjakan ulangan tidak sedikit juga yang membawa kertas contekan. Hingga ada juga yang membawa buku paket, LKS dan fotocopyan yang di letakkan di berbagai tempat yang mungkin cukup aman. Contoh saja di dalam laci meja, di dalam tempat menaruh pulpen, pensil, tipex, penghapus itu lho tahu kan ?, di dalam kaos kaki.
Bahkan yang lebih parahnya lagi membawa contekan di letakan di bawah lembar kerja soal ulangan. Selain itu juga membawa perangkat elektronik, seperti hp untuk SMS kunci jawaban, cara dan lain-lain.

Kejujuran sangatlah jarang dalam ulangan namun bukan berarti tidak ada yang jujur ! Mereka yang sudah siap menghadapi ulangan pasti akan jujur dalam mengerjakan soal. Tapi bagi yang belum siap, entah alasan apa saja pasti akan ada yang bertanya dan saling memberikan contekan.

Yang saya herankan selama ini mengapa guru walau sudah mengetahui membiarkan akan hal ini. Apa itu sudah menjadi kebiasaan, atau supaya prestasi sekolah terakreditasi baik ?

Apabila kita sudah mempersiapkan ulangan jauh-jauh hari pasti soal yang kita kerjakan akan mudah karena pembuatan soal tidak jauh dari LKS. Selain itu pasti kejujuran akan tercipta. Anggapan jujur itu ajur, mungkin yang mereka terapkan dalam diri mereka. Jujur itu ajur, takut hasil mengecewakan karena tidak belajar, tidak bisa mengerjakan, mungkin itulah ajur menurut mereka.
Namun, bagiku jujur itu mujur, karena walau seberapa sulitnya soalpun, dan walau kita tidak bisa mengerjakan sepenuhnya, tapi saya pribadi akan merasa bangga walaupun hasilnya buruk. Karena bagi saya pribadi, saya akan tahu seberapa mampukah saya dalam menyerap pelajaran selama ini. Seberapa bisakah saya. Dan kita akan mengerti materi mana yang belum kita kuasai. Jujur membuat saya bangga walau hasil lebih rendah dari teman-teman.

Jujur itu perlu kita terapkan dalam kehidupan kita juga. Berawal dari hal kecil kita biasakan jujur maka kejujuran akan kita bawa hingga ke hal yang besar.Setiap kejujuran akan memberikan hasil yang memuaskan.

Kurang percaya diri merupakan hal utama yang menyebabkan kita tidak jujur. Dengan tidak percaya diri kita merasa tidak mampu seperti temen-temen, itu anggapan yang salah.
Percaya diri mampu mengubah segalanya dari yang kita tidak sanggup mengerjakan tapi akan kita lalui sendiri dengan hati tenang, tidak terbebani untuk tanya ini itu kepada temen di sebelah kita ataupun temen terdekat kita, apabila kita jujur kita akan tenang walau jawaban belum berpihak pada kita.

Mulai hari ini mari kita budayakan kejujuran bukan hanya dalam hal ulangan saja, tapi dalam segala aspek kehidupan !
Jujur itu mujur, jadi tinggalkan anggapan jujur itu ajur.

Keberhasilan akan didapatkan oleh siapa yang berbuat kejujuran.
Itu. . .

Itulah sedikit artikel tentang kejujuran yang dapat saya tuliskan kali ini. Ada salahnya mohon dimaafkan. . .
Ada baiknya silahkan diambil hikmahnya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

14 responses to "Pentingnya Kejujuran saat Ulangan"

BlogNet on 10:53 AM, 31-May-13

http://blognet.heck.in/pentingnya-kejujuran-saat-ulangan.xhtml

Kumpulan Band Indie Terlengkap on 10:56 AM, 31-May-13

btul sX sob.

Media Gadget No 1 di MyWapBlog on 11:08 AM, 31-May-13

wajib hukumya

HAIT on 12:41 PM, 31-May-13

Yap sob pnting bnget itu, kecurangan juga membuat rugi trhadap diri kita sendiri. Krn bkn hasil murni dari cara berfikir dari diri kita sendiri.

New post:
www.petaonan.heck.in/game-real-football-2009-hd-s60v3-fp1.xhtml

File Wap on 03:30 PM, 31-May-13

wah bagus & menarik banget sob artikelnya... apa lagi kalo menyangkut soal kejujuran.... ane juga pernah berniat untuk tidak jujur dan merasa tidak percaya diri, dan akhirnya yang saya dapatkan adalah keburukan dari niat saya sob.... oke sob makasih atas nasehatnya... ane akan berusaha lebih maksimal lagi dan mempersiapkan semuanya terlebih dahulu.... ow ya sob mau nambahin satu sob jangan lupa belajar, berdoa dan jangan berhenti berusaha hehe...... good luck buat besok sob... doakan saya juga sob semoga kita mendapatkan hasil yang memuaskan dari apa yang telah kita kerjakan sob... tentunya dengan jujur sob.. hehe

Phejhenkbocahrantau on 09:51 PM, 31-May-13

Wah kalau menurut saya kejujuran itu gak hanya saat kita sedang ulangan tapi kita harus menerapkannya dalam kehidupan sehari"


oh iya browser" punya saya tadi masih original semua sob cuman saya kasih tambahan embel" pengambil screenshootbiggrin

Indra Setiawan on 09:04 AM, 01-Jun-13

nyimak aja lah


http://www.gaul.p.ht/aplikasi-whatsapp-v2-6-37-jar-240x320.xhtml

The Cyber on 11:22 AM, 01-Jun-13

Mantef sob. Kumbal ya bila anda smpet.

Riyan on 07:30 PM, 01-Jun-13

Ijin nyimak gan,
jangan lupa mampir keblogku ganbiggrin

Divizon Cyber Art on 08:54 PM, 01-Jun-13

un skrg benar benar jujur, soalnya 20pkt, barcode, tpi untungnya saya lulus, smile

Humam Mobile Blog on 09:31 PM, 01-Jun-13

Kalu saya sudah gak sekolah, jadi gak bakalan ujian sekolah.

widhie spellchat on 12:55 AM, 02-Jun-13

Mantap uy ,,thankz info nya... biggrin
ane ijin follow blog ente, karna blog ane masih baru, butuh temen nih

mampir bila ada waktu kawan biggrin

http://widhieblog.terba.ru

Hobi Gratisan on 02:48 AM, 02-Jun-13

nyontek itu supaya bisa menjawab soal sobat biggrin

WwlBmifAPWklZ on 06:36 AM, 09-Jun-13

Hai bEe teruja nak ntoonn AF9 sbb PakNil & kebetulan ada Zizan Raja Lawak pulak. Hehehehe . Tp tak sangka Enot pon ada juga. Hehehe, Tp bEe teruja melihat Raqib nmpk aje mcm budak baru belajar tapi WOW!!!!!!!

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top